Rabu, 13 Mei 2009

sebuah pemikiran

ya, sebuah pemikiran datang mampir kedalam otak gue. ketika gue sedang berjalan kaki ditemani panasnya matahari jogja. APA SIH YANG UDAH GUE LAKUIN SELAMA GUE MASIH BERNAFAS? ya itulah pertanyaan sekaligue pemikiran yang benar2 ngebuat gue jadi merenungi nasib. sebenernya selama 19 tahun gue hidup, 24 jam gue selalu bernafas, hal berarti apa yang udah gue lakuin? pelajaran apa aja sih yang udah berhasil gue pelajarin selama gue idup di dunia fana ini. ga usah jauh2 deh 19 tahun, seharian ini aja, apa sih yang udah gue lakuin? apa gue ngelakuin hal2 positif seharian ini? kesalahan apa yang udah gue perbuat? apa gue udah mensyukuri apa yang diberikan Tuhan hari ini? apa gue udah cukup dewasa dalam perjalanan hidup gue? gue udah berhasil nyimak semua pelajaran dari sensei? dan masih banyak lagi pemikiran-pemikiran yang gue renungin selama perjalanan pulang dari kampus-kos. kadang gue juga mikirin hal2 yang mungkin aneh bagi kebanyakan orang. contohnya, apa sih alasan mendasar manusia bernafas? kenapa kita ini disebut manusia/human/ningen or what ever. kenapa kita bisa nangis? pokoknya pertanyaan 'abnormal' yang kayak gitu. seharian ini gue mikirin kyk gitu sambil ngerjain peer yang banyak.
setelah gue merenungi itu dengan kemampuan otak yang terbatas layaknya manusia biasa, gue meniatkan diri gue sendiri untuk menjadi yang lebih baik lagi dari tahun2 sebelumnya, gue juga mau mengurangi aktivitas bermain gue yang kadang2 'gak jelas' (tapi bukan berarti gue sama sekali gak mau main), gue harus lebih dewasa dalam bertindak ketika mengalami dan menghadapi suatu masalah, gue gamau nyakitin orang lain, mulut gue harus diajarin sopan santun biar ga ngomong yang terlalu 'tajam'. banyak lah resolusi resolusi yang harus gue lakuin, tapi yang pasti gue mau mulai dari hal yang paling mendasar dulu kayak ngubah kebiasaan bangun siang. gue nyadar kalo bangun terlalu siang itu ngebuat kita kehilangan banyak hal tanpa kita sadari. gue juga mau ngubah sifat malas gue (males dlm byk hal), dan gue juga mau ngubah cara pandang gue biar ga sempit banget.
doakan saja gue bisa ngelakuin resolusi-resolusi gue diatas, terkadang manusia itu hanya niat tapi untuk prakteknya mereka mengalami kegagalan dan hambatan, ketika mengalami hal itu lantas manusia menjadi malas/ogah untuk meneruskan niatan mereka itu. yaa mudah2n aja gue bisa tegar dan ngewujudin semua mimpi dan resolusi gue. gue pengen ngebuat hidup gue jadi lebih berarti dan bermanfaat buat gue, ortu dan banyak orang.

Tidak ada komentar: