Selasa, 05 Mei 2009

malam lagi

yap, lagi-lagi malam datang. suara jam dinding berdetak nyaring di kamarku, hanya ada laptop dan hape yang menemaniku malam ini. kadang rasa sepi menusuk hatiku, pilu rasanya. sepi, kosong, pucat, hambar kira-kira seperti itulah gambaran kehidupanku belakangan ini. selalu saja terjerumus ke dalam suatu masalah yang tak ingin kumasuki. hidupku tanpa warna, kalaupun ada mungkin warnanya hanya abu-abu pucat, ya sepucat diriku yang makin letih menghadapi berbagai hal dan rintangan yang datang. tubuhku yang tampak dari luar adalah sesosok yang tegar dan sehat, akan tetapi aku rapuh di dalam dan sangat tidak sehat. ingin rasanya membuang topeng dan cangkangku ini, agar aku bisa melepas bebanku sejenak saja. tapi waktu tidak mengizinkanku untuk melepaskannya, aku masih harus memakai topeng dan cangkangku yang sudah sangat berat, berat oleh kotornya dosa duniawi yang kubuat dan kebodohan-kebodohan yang kulakukan sepanjang hidupku. aku sangat merindukan warna-warna pelangi dalam hidupku, warna warni indah dan cerah yang membuatku bisa tersenyum tulus dari lubuk hatiku. tapi, rasanya warna tersebut tak kunjung datang. selama menunggu, aku selalu berusaha berbuat kebaikan dalam hidupku, aku selalu berusaha membuat orang-orang di sekitarku merasa nyaman dan bahagia. aku tidak ingin menyusahkan mereka, namun sepertinya takdir berkata lain, tidak selamanya hidupku mulus dan apa yang kuinginkan itu terwujud. takdir terus menjadi guruku yang sangat keras, dia menggemblengku sedemikian rupanya agar benar-benar tegar, kuat dan tabah menghadapi ujian yang diberikan oleh kehidupan yang merupakan misteri terbesar bagi aku yang manusia biasa ini. kadang aku merasa tak sanggup dan ingin melarikan diri, tapi itu adalah tindakan pengecut dan aku tak ingin menjadi pengecut atau pecundang. nyatanya, aku telah menjadi seorang pecundang sejati, aku tak mampu menghadapi kehidupan, tapi aku selalu berusaha dengan kemampuan maksimalku.
malam lagi, sudah berapa malam kulewati, tapi aku belum tahu bahkan belum mendapati apa saja yang sebenarnya telah kulakukan selama hidupku? selama aku beraktivitas dari pagi hingga sore hari. apakah ada manfaat yang kudapat? apakah ada pelajaran berharga mengenai kehidupan yang kudapat? entahlah, aku belum bisa menjawabnya untuk saat ini, mungkin aku masih butuh waktu buat menjawabnya.
malam lagi, dan aku masih sendiri, bergelut dengan pikiran dan diriku sendiri. berusaha memahami karakter diri sendiri dan mencoba untuk melakukan yang terbaik buat diri sendiri dan orang lain. merenungi semua hal yang sudah dilakukan, mencoba mengambil intisari dari sebuah kegiatan yang telah terjadi, mencoba bersabar atas segala hal, mengikhlaskan semua yang sudah lewat, berharap untuk bisa menyongsong hari esok dengan senyuman dan hati riang gembira, mencoba memulihkan kondisi jiwa dan raga, belajar untuk mendekatkan diri pada-Nya, berusaha mensyukuri semua yang telah diberikan, memikirkan apa yang akan dilakukan untuk menuai masa depan yang cerah. masih memikirkan berbagai macam hal yang berkecamuk di dalam otak, mencoba untuk berfikir secara rasional dan menggunakan nalar, mengimbangi antara perasaan dan logika serta menggunakan akal sehat. masih sangat banyak yang aku pikirkan di malam ini dan mungkin malam-malam selanjutnya.
malam lagi, ingin kuakhiri malam ini dengan mendengarkan lagu yang dapat membuatku merasa relax dan mengantarkanku menuju rasa kantuk, kantuk yang dapat membuatku untuk tidur, mengistirahatkan sejenak badan dan pikiranku sejenak dari dunia ini. ingin rasanya tenggelam dalam kolam ketenangan dan kenyamanan serta kedamaian. aku sangat merindukan dan menantikan masa-masa seperti itu datang kembali dalam hidupku, ikut serta dalam mewarnai hidupku. sayangnya aku tak tahu kapan masa itu akan datang, selama menunggu aku akan mencoba menikmatinya dan menjalankannya dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. aku berdoa agar aku bisa kuat dan tegar, sehingga nantinya aku akan menjadi sesosok manusia yang 'matang' dan siap terjun kedalam kehidupan serta lika-liku yang dimilikinya.

Tidak ada komentar: