Minggu, 05 Desember 2010

spiritual vacation (TIRTA YATRA KMHD UGM)

hi,
kemarin (sabtu 4 desember 2010) saya dan segelintir anak2 KMHD UGM pergi tirta yatra ke CANDI CETO. CANDI CETO terletak di karanganyar (mungkin masuk ke jawa tengah) dan itu lumayan jauh banget perjalanannya sekitar 3 jam dari Jogja, phewh!
kita naik bus, dan mengalami ganti bus 2x, pertama tuh pake bus gede (semacam kopata) kemudian kita ganti dengan mini bus untuk bisa sampek ke puncak yaitu candi ceto. jalanannya tuh ya, OH MY GOD banget deh. curam+menanjak=PARNO. hahaha. iyalah, takut aja merosot gitu loh. padahal isi mini busnya bisa dibilang gak gitu penuh juga sih...
selama perjalanan yang penuh lika liku (belok, nanjak, belok)AKHIRNYA SAMPAI!!! waaaaw, begitu saya nyampe sana, hmmm, gada yang bisa melukiskan perasaan saya. hawanya sejuk, bersih dan segar. pemandangannya ADUHAI BUAGUS BUANGET! asli. dan suasana spiritualnya terasa banget (bagi saya). abis makan siang bareng2, kita langsung naik menuju pura. naiknya tuh kayak naik ke borobudur gitu deh, dan yaa untuk mencapai punncak candi (tempat dimana saya dan teman2 sembahyang) tuh butuh waktu yang lumayan lama dan tenaga. hahaha.. pertama kita sembahyang di kaki candi, jadi sebelum masuk ke pura utama (puncak candi) gitu, kita mohon izin trs abis itu baru deh naik ke puncaknya.. dan ada bule yang mendokumentasikan kegiatan kami! hahaha, keren kan (bangga dong!)nah kita sampai di puncak, di candi utama, di tempat sembahyang, kebetulan banget cuaca kayak mau ujan gitu deh, sebelumnya kita ud ingetin, kalo mau berteduh pa nanti hujan turun, monggo, tapi kami tetap bertekad kuat untuk sembahyang, (kayak lagu Ada BAND : walau badai menghadang,kami kan selalu setia memuja-Mu)hahaha.... jadilah, ketika kami baru beberapa bait mmbaca mantra, breeeessss, hujan langsung turun dengan derasnya. kami semua kaget tapi terus khusyuk sembahyang meskipun kedinginan banget. saya pribadi menganggap, bahwa hujan turun tu untuk 'membersihkan' kami semua, karena saya yakin kami dalam keadaan 'kotor' makanya Tuhan mengirim hujan, dan berarti kami diberkati. :)

intinya kami selesai sembahyang dan hujan pun reda. see? trserah gimana pendapat kalian. :P
trs kami juga ke candi/pura saraswati. kami juga sembahyang lagi mohon diberkati dan dibekali dengan ilmu pengetahuan. kami tetap kedinginan, sampe2 nafas aja keluar asap, seperti di luar negri, kereenn (kayaknya saya yang norak deh, haha)
dan di pura saraswati itulah kami berpisah dengan pak mangku yang menemani dan memimpin persembahyangan kami, kemudian beliau mengucapkan kata2 sederhana tapi bermakna dalam dan berhasil membuat saya merinding : "kalau kalian sudah sukses nanti, jangan lupa tetaplah berjalan di atas jalan dharma"
wah gila, kata2 simpel ini buat saya sih sakti banget dan benar2 ngena di jiwa raga lahir dan bathin. tersentuh saya, dan saya juga berjanji pada diri sendiri akan selalu mengingat kata2 pak mangku itu.
sepanjang persembahyangan saya merasa, suasananya sangat spritual dan sangat bersejarah (candi ceto tu juga warisan nenk moyang dan masuk cagar budaya loh. jadi bersejarah banget dan bner2 spiritual) disana saya merasa tenang, damai dan enak. saya merasa, suatu saat saya harus kesana lagi, tentunya dengan kualitas diri yang lbih baik dari sekarang.

saya merasa sangat ringan ketika kmbali ke Jogja (meskipun masuk angin karena kehujanan), saya merasa 'terlahir kembali' dan lebih dekat dengan Tuhan. karena itu saya merasa kemarin adalah perjalanan spiritual saya yang saya anggap sebagai sebuah awal dari permulaan yang baik. saya jadi lebih positive dan lapang dada. hal yang selama ini sedikit s ulit saya lakukan. dan saya lebih mnghargai karunia yang sudah diberikan kepada saya... tak lupa saya juga mendoakan kedua orangtua dan saudara saya. saya berharap dengan tirta yatra kemarin dapat membawa perubahan yang positif di dalam diri saya, dan saya lebih bisa mengingat Tuhan lagi dimanapun saya berada.. thanks to KMHD UGM yang sudah menjadi wadah bagi acara tirta yatra kali ini, makasih buat pengurus KMHD UGM yang udah capek2 nyiapin semua (termasuk saya juga pengurus, hehe), makasih buat bapak mangku di candi ceto, makasih buat warga sekitar, makasih buat temen2 KMHD UGM yang udah join kemaren, makasih buat semua pihak deh. yang paling utama, makasih buat Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang sudah memberkati dan melindungi kami semua. :)

NOTE: maaf mungkin belum bisa upload foto2 di candi ceto kemarin.. XDD
dan maaf kalo ada penulisan yang kurang ato ngaco. fufufuff

2 komentar:

Azam Raharjo mengatakan...

mantap, cen. Hal semacam itu kalo dilakukan dengan benar emang bisa bikin lebih enteng :D

miss piggy (chenchen) mengatakan...

:D
thanks! yep, emang benar kok.. buktinya sudah saya rasakan sendiri. mudah2n saya bisa melakukannya di pura lain lagi~ :)