Rabu, 25 April 2012

ada pertemuan, ada perpisahan

kalimat yang klise. sangat klise.

tidak tahu mengapa, aku akhir-akhir ini merasakan hal tersebut. aku baru menyadari bahwa apa yang kita miliki saat ini tidak selamanya menjadi milik kita. pasti suatu saat kita akan kehilangan, oleh karena dipisahkan oleh maut atau memang keadaan yang harus memaksa. jika boleh jujur, aku harap tidak akan pernah kehilangan apa yang kumiliki saat ini, aku harap aku tidak harus berpisah dengan orang-orang yang kusayangi dan kucintai, aku harap aku tidak berpisah dengan sahabat-sahabatku. apa daya, siapa aku? Tuhan pasti punya rencana.

dengan perpisahan, aku belajar tentang arti kebersamaan dan kekeluargaan. perpisahan juga punya arti, pasti. kita akan dipertemukan dengan orang-orang baru, hal-hal baru yang bisa kita pelajari. kita bisa menemukan pengetahuan baru. dengan berpisah, aku jadi lebih paham akan arti sahabat, meskipun terpisah, tetapi masih sering berhubungan dan bertukar kabar. sahabat sejati tidak harus selalu ada di sisimu, tapi seorang sahabat akan selalu mendukungmu dan akan selalu ada untukmu dimana pun ia berada.

seringkali aku sedih sekali dengan perpisahan. tapi perpisahan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang dari hati dan pikiranku, kenangan. kenangan baik maupun buruk, sangat berharga buatku. apalah arti hidup jika tidak ada pertemuan dan perpisahan? tidak ada kenangan dari suatu kejadian atau tempat. suatu saat, kita masih bisa bertemu wahai sahabat-sahabatku. aku akan sangat merindukan kalian. aku akan merindukan saat-saat dimana kita saling berbagi cerita, saat dimana kalian menghiburku kala aku sedang gundah dan bimbang, saat dimana kita saling mendukung satu sama lain. aku akan rindu dengan kalian yang bisa memahamiku dan mengerti aku. hanya kepada kalian aku bisa bersikap benar-benar apa adanya.

terimakasih karena telah menjadi bagian dari kenangan dan cerita hidupku. kalian benar-benar telah mewarnai hidupku dan memberiku pelajaran serta pengalaman berharga yang sulit kulupakan. kuharap, ketika kita bertemu lagi, hubungan dan kebersamaan kita tidak berubah. terimakasih Tuhan karena telah menghadirkan dan mempertemukan aku dengan mereka. semoga mereka sukses dan kami bisa bertemu kembali. suatu saat nanti.

Tidak ada komentar: